Makna Natal Yang Terlupakan

Hiruk pikuk menjelang Natal sangat terasa,berbagai pusat perbelanjaan ramai menata dan menyiapkan barang kebutuhan natal,begitu juga dengan para konsumen khususnya umat nasrani  pasti sibuk menyiapkan segala sesuatu yang berkaitan dengan natal serta segala keperluan natal,Rasa gembira akan terasa pada  sebagian anak anak di mana mereka akan memakai pakaian baru,sepatu baru,uang jajan tambahan,liburan.begitu juga dengan para orang tua,ada suatu sukacita yang timbul ketika natal telah tiba.
2000 tahun yang lalu,Yesus telah lahir ke dunia dengan perantaraan gadis suci perawan maria.Yesus membawa misi keselamatan atas dosa yang telah menggerogoti kehidupan semua manusia.Yesus yang adalah raja telah turun ke dunia yang hina di tempat yang sederhana di kandang Domba.sebab tidak ada tempat bagi-Nya di penginapan.Dalam era sekarang ini,sesusah dan seminimnya keadaan ekonomi,tidak ada orang yang lahir di kandang ternak.tapi yesus telah lahir di kandang domba.Suatu teladan kesederhanaan dan suatu kabar sukacita bahwa Yesus tidak memilih kemewahan.dan ketika Yesus lahir,yang datang melihat juga bukan para orang-orang berkuasan dan orang-orang besar,tetapi para gembala.
Dalam kehidupan Perjalanan Yesus di dunia ini,ia mengajarkan inti dari pengajarannya bahwa yang terpenting dan paling besar ialah iman,pengharapan dan kasih,dan yang paling besar di antaranya ialah Kasih,mengasihi Allah dengan segenap hati dan kekuatan,serta mengasihi sesama manusia seperti diri sendiri.
Ketika perayaan Natal tiba,itu mengingatkan kita bahwa Yesus telah lahir ke dunia 2000 tahun yang lalu.Yesus telah lahir dan meninggalkan pesan untuk mengasihi,sebab kasih lebih besar dari semua perbuatan.tapi benarkah pesan itu telah kita laksanakan?.ataukah di di saat natal ini kita hanya sibuk dengan kegiatan liturgi,kemeriahan,pesta,keglamouran natal?
Ketika Natal sedang berlangsung,dan ketika sebagian umat nasrani sedang merasakan sukacita natal,ada seseorang yang duduk di sudut kamarnya,tidak ada yang menyapanya dan tidak ada yang mempedulikannya.
ketika mereka tengah sibuk dengan Natal,ada dua orang yang sedang menahan lapar,tak ada yang memberinya makan,tak ada yang mempedulikannya.
ketika mereka tengah sibuk dengan natal,ada 3 orang yang terbaring sakit tak berdaya.tak ada yang mempedulikannya.
ketika mereka sibuk dengan natal ada 10 orang yang meringkuk di dalam tahanan dengan dinginnya angin malam,tak ada yang mempedulikannya.
Apa makna Natal buat saudara? apakah natal sukacita milikmu sendiri,atau sukacita untuk dunia?
ketika aku haus dan lapar,apakah kamu memberi aku makan?
ketika aku orang asing,apakah kamu memberi aku tumpangan?
ketika aku telanjang,apakah kamu memberi aku pakaian?
ketika aku sakit,apakah kamu melawat aku?
ketika aku dalam penjara,apakah kamu mengunjungi aku?
matius 25:40
Dan Raja itu akan menjawab mereka:Aku berkata kepadamu,sesungguhnya segala sesuatu yang kamu lakukan untuk salah seorang dari saudara-KU yang paling hina ini,kamu telah melakukannya untuk Aku.
Selamat natal,Tuhan memberkati.

Tulisan ini saya post juga di KOMPASIANA


Nama Anda
New Johny WussUpdated: 09.24

0 komentar:

CATATAN BARU

CB